Autumn Season 1 - (Pyongyang 2013) Part 3-3

Nah yang ini jilid 3 nya, kelanjutan dari postingan sebelumnya, lokasinya masih di sini.

0 komentar:

Autumn Season 1 - (Pyongyang 2013) Part 2-3

Nah yang ini jilid 2 nya, kelanjutan dari postingan sebelumnya, lokasinya masih di sini

0 komentar:

Autumn Season 1 - (Pyongyang - 2013) Part 1-3

Musim gugur atawa autumn yang pertama kali gua alami dalam hidup gua, bini gua, kedua anak gua, pas tahun 2013, bukan di Jepun, bukan di Eropa, dan pastinya bukan di Tambun Bekasi tapi di Pyongyang.

Pemandangan yang penuh dengan warna kolaborasi merah dan kuning dibarengi cuaca yang sejuk mendekati dingin ±10°C, kayaknya iiiindaaaah banget, terserah mau dikatain norak emang gua norak. Nah ceritanya begini, gua mau berbagi keindahan tersebut melalui jepretan gua, tapi...ada tapinya..tanya kenapa? gara-gara 5 hal berikut ini :

1
Gua masih berkutat dengan proses belajar settingan kamera gua. Namun sebisa mungkin gua hindari 'Mode AUTO' dari benak gua, minimal gua pake 'Mode AV/Aperture Priority' atawa 'TV/Shutter priority'. 
2
Gua juga masih bergumul dengan teknik pengambilan gambar yang baik dari segi komposisi, POI, Bokeh dan tetek bengeknya. 

3
Gua mengabaikan pesan baik dari buku tentang fotografi yang pernah gua baca yaitu "sebisa mungkin, memotretlah dalam mode RAW, agar apabila nanti hasil fotonya kurang 'pas' masih bisa lo edit di kamera kalau-kalau masih ada yang kurang (saturasi, white balance, light, dll), karena kalau lo memotret dalam format JPG itu hasilnya akan 'permanen' dan lo bakalan butuh ngedit abis2an di komputer supaya hasil fotonya keliatan lebih bagus" ya kurang lebih gitulah petuah dari buku itu. Intinya gua memfoto dalam format JPG, jadi saturasi and kontrasnya udah gua setting duluan di kamera terus hasilnya kurang memuaskan dan gua harus banyak ngedit di komputer. Pake apa ngeditnya? Pake PhotoScape aja kok. 

4
Dari nomor 1 sampe 4 di atas kalian salah artikan dan bilang kalo gua itu..."halah ngeles aja lo Jack, bilang aja kalo lo masih belajar ngefoto, pake ribet jelasin segala". Jujur aja ya memang itu yang gua alami, tapi gua seneng bisa berbagi 'kejujuran' gua dimari biar kalian tau aja, lebih plong gimana gitu kalo mengatakan yang sejujurnya :-D

Lokasi pengambilan foto-fotonya gua lakukan di Moranbong Park, Pyongyang, kalo mau tau lokasinya, cek aja di sini.

Oke silakan Bro n Sis, cekidot aja langsung hasil jepretan gua, yang ini baru jilid 1 ya, nanti ada lagi yang jilid 2 kalo mau liat sambungannya ;-)

1 komentar:

Pyongyang in Blue (2013)

Pertengahan musim gugur, tepatnya 5 Oktober 2013 yang lalu gua berkunjung ke Menara Juche bersama teman sejawat beda nasib beda tanggungan beda kelakuan, sebut saja namanya 'Mawar'. Hehehe. .. Ok serius, namanya Faisal Rachman , bisa dibilang menara ini merupakan 'Monas'-nya Korea Utara karena bentuknya yang menyerupai Tugu Monas di Jakarta. 

Si Pican (panggilan si Faisal) inilah yang ngajakin gua untuk mengunjungi menara Juche sekaligus mengambil gambar kota Pyongyang dari atas menara, "mumpung langitnya lagi jernih bro...biru.. waktu yang pas buat foto-foto di atas" katanya, singkat cerita...gua pun meng-iya-kan ajakannya.

Sebelumnya gua mau menjelaskan dulu perihal kamera dan settingan dalam proses pengambilan gambar di bawah ini, kamera yang gua gunakan adalah Canon EOS 7D dengan tipe lensa Canon EFS 18-135mm IS, berhubung cuaca cerah dan cahaya berlimpah...gua setting ISO di angka 100, diagfragma yang dipake berawal dari f/3.5 s.d. f/22, nah kalo kecepatan rananya itu otomatis menyesuaikan karena gua menggunakan Mode AV/Aperture Priority, dan yang terakhir tanpa tripod (lupa bawa). hehe

Oiya, kenapa judul postingan ini gua kasih judul 'Pyongyang in Blue', karena pada saat pengambilan gambar ini warna langitnya biru, itu aja sih..gak ada alasan lain.. :-D

Oke deh, langsung cekidot aja... ;-)



1 komentar:

Faces of The Patriots (2013) - Jilid 2-2


Ini kelanjutan dari postingan sebelumnya 'Faces of The Patriots (2013) Jilid 1. Masih di acara yang sama yaitu 'Perayaan 60 tahun gencatan senjata Korea'. Manse ! Manse ! Manse !.
Cekidot !

0 komentar:

Faces of The Patriots (2013) - Part 1-2


Wajah para patriot, ya Gue menyebutnya begitu. Setiap negara pasti memiliki wajah-wajah patriot tidak hanya pasukan militer tetapi termasuk juga rakyat jelata, karena apabila seluruh pasukan militer telah gugur di medan pertempuran maka siapa lagi kalau bukan rakyatnya yang turut serta membantu peperangan.

Apalagi di Korea Utara yang -bisa dibilang- secara keseluruhan didominasi milter. Negara komunis ini menerapkan sistem wajib militer kepada rakyatnya, Gue sering menemui tentara-tentara baik itu laki-laki maupun wanita yang wajahnya masih sangat muda dan unyu-unyu.

Nah, diluar konteks tentara belia yang wajahnya masih unyu-unyu, di sini Gue akan berbagi foto-foto tentang 'Wajah Para Patriot' yang berhasil Gue dapatkan pada tahun 2013 yang lalu saat parade militer dalam acara '60th anniversary of Korean armistice' atau perayaan 'Perayaan 60 tahun gencatan senjata korea'. Acara ini untuk memperingati 60 tahun berakhirnya perang Korea yang terjadi pada tahun 1950 s.d. 1953, perang yang terjadi hanya 3 menit ini..eh maksud Gue 3 tahun ini sangat mempengaruhi hubungan dua negara yaitu Korea Utara yang sampai saat ini masih memegang teguh ke-komunis-annya dan Korea Selatan yang sekarang menganut sistem demokrasi. Sampe sekarang masih belum akur, mudah-mudahan dimasa yang akan datang bisa akur ya..aamiin..

Foto-foto ini Gue ambil dengan menggunakan lensa tele 70-300mm, jadi sebagian besar foto-fotonya terlihat lebih dekat (waktu itu lupa ganti lensa ke lensa standar).. maklum masih amatir, kurang perencanaan..hehe.

Berikut ini lah foto-fotonya...cekidot !

0 komentar:

North Korea Mass Rally against US Imperialists (2013) Part 2-2

Nah yang ini jilid 2, kelanjutan dari postingan sebelumnya .. silahkan cekidot..lagi....

0 komentar:

North Korea Mass Rally against US Imperialists (2013) - Part 1-2

Selasa 25 Juni 2013 yang lalu, gua menghadiri acara 'North Korea Mass Rally against US Imperialists' atau parade/reli massa sebagai perlawanan terhadap imperialisme Amerika Serikat yang dilaksanakan di lapangan Kim Il Sung Square, acara ini untuk memperingati ulang tahun ke-63 Perang Korea. 



Perang Korea dimulai pada tanggal 25 Juni 1950,  ketika pasukan Komunis Korea Utara meluncurkan serangan mendadak pada Korea Selatan. Ribuan penduduk Pyongyang mengikuti reli massa ini, termasuk para pejabat senior partai dan pejabat negara, dalam parade tersebut ratusan orang membawa poster-poster anti Amerika Serikat yang bertuliskan "GANYANG AMERIKA SERIKAT!" dan bahkan adapula poster yang menggambarkan anti Jepang.

Gua menghadiri acara ini secara 'Semi Legal', dibilang resmi tapi gak resmi..dibilang gak resmi tapi ya resmi..pokoknya tengah-tengah antara resmi dan tidak resmi. Gua datang gak sendirian tapi ber-4, yaitu bersama 1 orang teman terdekat dalam hidup gua dan 1 orang teman yang gak terlalu dekat yang namanya gak mau gua sebutkan disini, alasannya karena nama mereka kurang bagus/menjual untuk dipublikasikan di blog gua ini..hahaha dan 1 orang lagi rekan gua orang asli Korea Utara, panggil saja namanya Mr. Han. 

Kami ber-4 masuk dari pintu belakang gedung utama, telasap-telusup, belok kanan kiri, kesono kemari...dan sampailah kami ke atas, tempat para pejabat senior partai, pejabat negara dan tamu-tamu dari negara asing berdiri, dari ribuan orang yang datang mungkin cuma gua yang pake kaos oblong doang. Gua udah tanya sama Mr. Han, "Gan, gpp nih gua pake kaos oblong doang? nanti kalo gua diusir atau ditangkep, gimana???" kata dia "Gpp Jack..tenang aja, lo tenang aja... ikut aja... ;-) ". Orang-orang pada ngelirik ke gua, ngeliat gua pake kaos oblong doang, rambut gondrong gak disisir, kucel dan rada dekil.. tapi mau gimana lagi udah sampe atas gini. (-_-')

Wah... ini pertama kalinya gua berada di salah satu tempat utama di Pyongyang, ribuan orang menghampar di hadapan mata gua.. wuih...keren banget! 

Gua berhasil mengabadikan momen-momen di acara ini dengan kamera gua..termasuk foto gua yang kucel dan demek juga ada... ini dia foto-fotonya.. cekidot!

0 komentar: